Tuesday, December 18, 2012

Bagaimana Memulai Blog Dengan Optimasi Onpage

Bagaimana Memulai Blog Dengan Optimasi Onpage



Bagaimana Memulai Blog Dengan Optimasi Onpage. Pertanyaan yang sering muncul bagi blogger pemula adalah bagaimana memulai blog dengan baik dan benar. Sebagai awal untuk memulai blog, kita perlu belajar konsep dasar Optimasi Onpage agar blog kita SEO Friendly dan disukai oleh search engine sehingga meningkatkan peringkat blog Anda. Untuk belajar Optimasi Onpage sebaiknya belajar secara bertahap, step by step hingga benar-benar mengerti.

Untuk memulai blog sebaiknya tentukan terlebih dahulu tema blog Anda dan Domain yang tepat.  Untuk menentukan tema blog, saran saya adalah memilih tema yang banyak disukai orang dan domain yang mudah di ingat orang. Nah, setelah hal tersebut Anda lakukan, langkah selanjutnya memulai blog dengan Optimasi Onpage. Berikut langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk memulai blog dengan optimasi onpage :
 
1. Memilih Template SEO Friendly
Template SEO Friendly sangat Disukai Google. Template SEO Friendly yang baik dan benar adalah Sidebarnya berada di sebelah kanan dan kolom artikel di sebelah kiri, warna huruf kontras dengan latar, dan ukuran huruf artikel sebaiknya yang bisa terbaca dengan baik (sebaiknya 14 pixel ke atas). Anda bisa mendapatkan Template SEO Friendly gratisan dengan melakukan pencarian Di Google "TEMPLATE SEO FRIENDLY". Setelah anda menemukan Template yang anda inginkan, silahkan Download dan pasang template blog Anda. Untuk mengganti template, anda boleh baca artikel "Cara Mengganti Template Blog"

2. Pastikan Template Blog anda mempunyai Navigasi Breadcrumbs
Navigasi Breadcrumbs sangat penting untuk membantu Googlebot agar lebih cepat menjelajahi dan mengenal struktur blog anda. Untuk membuat Navigasi Breadcrumbs silahkan baca artikel "Cara Membuat Breadcrumbs"

3. Memasang Artikel Terkait
Tujuan memasang artikel terkait adalah membantu meningkatkan pageview blog anda dengan terus menawarkan artikel-artikel yang lain ke pengunjung blog. Anda bisa memasang artikel terkait blog anda dengan membaca artikel "Cara Membuat Artikel Terkait Blog"

4. Memasang Title Tag
Pastikan title Tag blog anda seperti contoh kode dibawah ini :
    <title>
    <b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
    <data:blog.title/>
    <b:else/>
    <data:blog.pageName/>
    </b:if>
    </title>

Silahkan cek Title Tag Anda, Apakah sudah sesuai dengan kode diatas. Untuk mengecek Title Tag Anda, silahkan cari kode diantara <title> dan </title> di pengaturan Edit Html. Jika belum sama, hapus semua dari kode <title> hingga ke kode </title> dan ganti dengan kode diatas. Jika blog Anda belum mempunyai Title Tag, Copy saja kode diatas dan letakkan dibawah kode <head>.

5. Mengatur Header Halaman
Perlu kita ketahui Header halaman yang baik dan benar menggunakan tag H1 (Heading) dan hanya diperbolehkan satu pada tiap halaman. Mengatur header halaman tujuannya untuk menampilkan Nama blog saat berada di homepage dan judul artikel saat berada dihalaman artikel. Cara mengaturnya mudah, cukup copy saja kode dibawah ini :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:include name='title'/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>

Dan kemudian Cari Kode <b:include name='title'/> dipengaturan template Edit Html. Setelah Anda menemukannya, silahkan hapus dan ganti dengan kode diatas. Simpan dan lihat perubahan.

Keterangan : Biasanya kode <b:include name='title'/> ada 3 macam, silahkan coba satu persatu. Jika percobaannya tidak ada perubahan di header halaman blog anda, ubah kembali kode yang anda ubah tadi kebentuk kode semula <b:include name='title'/>. Ulangi penggantian kode <b:include name='title'/> pada  yang lainnya. Biasanya akan berhasil pada salah satu ketiga kode tersebut.

6. Mengatur Judul Widget
Judul Widget yang SEO sebaiknya menggunakan H3 (Minor Heading). Untuk memastikan widget blog anda menggunakan H3 silahkan cek pengaturan template edit html blog anda. carilah semua kode HTML untuk widget blog anda dan lihat kode <h2><data:title/></h2>. Pastikan Kode tersebut ada embel-embel widgetnya. Selanjutnya ubah kode tersebut menjadi <h3><data:title/></h3>. Jika semua kode widget telah Anda ubah, silahkan simpan perubahan

7. Mengatur Judul Artikel
Judul Artikel yang SEO Friendly adalah menggunakan H2 (Subheading). Untuk memastikan judul artikel anda menggunakan H2, lakukan pengeditan di pengaturan edit Html.
- Cari Kode h3.post dan ubah menjadi h2.post (Kode h3.post biasanya lebih dari satu, silahkan ubah semuanya kecuali yang mempunyai embel-embel mobile)
- cari kode <h3 class='post ubah semuanya menjadi <h2 class='post
- cari kode </h3> ubah menjadi </h2>
- Silahkan simpan perubahan

8. Memasang Meta Description
Fungsi dari Meta Description sangat penting untuk mendeskripsikan isi halaman blog anda karena deskripsi inilah yang akan ditampilkan menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google. Anda bisa membaca artikel "Cara Memasang Meta Decription Blog" untuk optimasi Onpage blog anda.

9. Memasang Widget seperti labels, Blog Archive dan popular posts
Widget ini berfungsi untuk mempermudah googlebot menjelajahi blog anda dan pengunjung dapat mudah mengetahui isi blog.

10. Mendaftar RSS Feed Blog ke Feedburner
Agar Blog Anda cepat terindeks Google sebaiknya daftarkan blog anda Ke Feedburner. Feedburner merupakan penyediaan layanan masalah feed dan layanan ping artikel.

11. Mendaftar Blog Ke Search Engine
Tujuannya agar blog anda dapat di indeks atau ditelusuri oleh search engine. Silahkan baca artikel "Cara Mendaftar Blog Ke Search Engine

12. Memasang Google Analytics blog
Fungsinya untuk memantau perkembangan blog anda pada saat blog anda sudah mempunyai Artikel sehingga blog anda dapat di indeks lebih baik. Untuk Memasang Google Analytics Blog Anda silahkan baca artikel "Cara Memasang Google Analytics Blog"

13. Submit Sitemap ke Search Engine
Setiap Search engine menyediakan layanan untuk submit Sitemap seperti Google, yahoo, bing dan lain-lain. Tapi yang terpenting adalah Men-submit Sitemap Ke Google karena sebagian besar pencari informasi melakukan penelusuran dari search engine Google. Sitemap ini akan dibaca oleh search engine pada saat anda melakukan update artikel baru sehingga artikel baru anda terindeks lebih baik. 

Daftar Isi Penting dalam pembuatan blog untuk mempermudah pengunjung blog untuk melihat keseluruhan isi artikel blog Anda. 

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas, langkah selanjutnya ke tahap menulis Artikel. Usahakan menulis artikel yang SEO Friendly agar Artikel anda disukai oleh Search Engine. Anda bisa membaca Artikel "Tips Menulis Artikel Standar SEO" sebagai panduan memulai menulis artikel.

Demikianlah ulasan singkat Bagaimana Cara Memulai Blog Dengan Optimasi Onpage. Terimakasih telah sudi mampir membaca artikel ini. Semoga Informasinya Bermanfaat.




JANGAN LUPA UNTUK VOTE GOOGLE + UNTUK HALAMAN INI. TERIMA KASIH BANTUANNYA
Judul: Bagaimana Memulai Blog Dengan Optimasi Onpage; Ditulis oleh januarsen silalahi; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis Oleh : januarsen silalahi

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah sudi membaca artikel Bagaimana Memulai Blog Dengan Optimasi Onpage. Tidak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar Di Bawah. Jika Artikel Bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskan atau mengutip artikel Bagaimana Memulai Blog Dengan Optimasi Onpage dengan cara penyampaian yang berbeda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Terima Kasih, Happy Blogging :)

2 comments:

Post a Comment