Saturday, January 12, 2013

Bagaimana Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia



Bagaimana Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia? Seperti kita ketahui banyak cara monetisasi blog sebagai contoh mengikuti program Paid Per Click (PPC), Paid to Review, Program Affiliate, Paid per Survey, Paid per download dan lain sebagainya. Dari beberapa program tersebut, ada yang mensyaratkan blog harus berbahasa inggris. Tapi kita tidak perlu khawatir karena kita tetap bisa monetisasi blog  (baik dollar ataupun rupiah) dengan blog berbahasa Indonesia.
Lantas Bagaimana Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia?
Berikut ada beberapa Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia yang barangkali bisa Anda pertimbangkan. Jika anda tertarik silahkan bergabung.

1. Mengikuti Program Pay Per Click (PPC) Lokal (Domestik)
Ada beberapa pelaku bisnis PPC lokal yang bisa anda diikuti diantaranya Kliksaya.com, Kumpulblogger.com, Adsensecamp.com, Idblognetwork.com dan Sitti.co.id. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda. Untuk lebih jelas silahkan baca artikel Cara Monetisasi Blog Dengan Program Pay Per Click

2. Mengikuti Program Pay Per Click (PPC) Interlokal (Luar Negeri)
Salah Satu PPC Luar negeri yang bisa anda ikuti adalah Google Adsense. Tidak mudah untuk menjadi publisher di Google Adsense Karena Google memiliki Terms Of Services (TOS) yang harus dipatuhi. Jika Blog Anda diterima sebagai publisher maka Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah klik dari pengunjung blog Anda. Semakin banyak pengunjung blog Anda, tentu semakin besar pula jumlah klik iklan yang Anda dapatkan.

3. Menampilkan Banner Program Affiliate
Ada banyak sekali program affiliasi yang bisa Anda ikuti diantaranya yang paling populer yaitu Amazon.com dan Clickbank.com. Caranya adalah Anda meletakkan link baner suatu produk di blog anda, jika ada pengunjung meng-klik link banner tersebut dan melakukan pembelian dari link referral anda maka anda akan mendapatkan komisi.

4. Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi Anda)
Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang Anda promosikan. Program affiliasi Amazon.com, clickbank.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda melakukan pembelian produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

5. Mengikuti Program Paid To Review
Ada beberapa Program Paid review yang bisa anda daftar sebagai publisher diantaranya sponsoredreviews.com, blogsvertise.com, reviewme.com, adreviewcamp.com. Jika blog Anda memiliki Alexa dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review. Untuk lebih jelasnya baca artikel berikut Monetisasi Blog dengan Program Paid To Review

6. Menampilkan Google Adsense for Search
Anda bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan.

7. Menjual Text Link Ads
Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan menjual link, yang Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Semakin tinggi link ranking, Alexa dan PR blog Anda semakin mahal harga link yang bisa Anda tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

8. Mengikuti Program Paid To CLick (PTC)
Ada banyak program PTC di Internet salah satunya adalah PROFITCLICKING. Anda akan dibayar tiap meng-klik Iklan (3 iklan per hari). Anda bisa melakukan review di blog anda tentang profit clicking dengan text link affiliasi anda. Setiap orang yang mendaftar melalui link affiliasi anda maka akan mendapatkan komisi. Keunikan lainnya, anda bisa investasi di Profit Clicking. Semakin besar Investasi anda maka semakin besar profit yang anda peroleh.

9. Menjual Spot Iklan.
Anda bisa menjual Spot iklan di blog Anda dengan cara menyediakan ruang iklan bagi mereka yang bersedia memasang iklan di blog Anda. Anda bisa menentukan berapa harga untuk iklan yang ditampilkan.

10. Menjual Jasa Keahlian Anda
Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian apa yang kira-kira bisa Anda jual melalui blog Anda.

11. Menjual Produk Digital Karya Anda Sendiri
Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa Anda jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Anda adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain mendapatkan keuntungan penjualan e-book, melalui blog yang sama Anda juga bisa mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog Anda bisa mempromosikan kembali e-book Anda dengan memberikan imbalan tertentu.


12. Menjual Produk Fisik Karya Anda Sendiri
Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Anda promosikan dengan memanfaatkan blog Anda. Jika saat ini Anda telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda.

13. Menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain
Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga bisa menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Anda bisa menawarkan kerjasama dengan cara mempromosikan suatu produk barang/jasa suatu perusahaan tertentu melalui blog Anda. Anda bebas menentukan berapa harga produk barang/jasa tersebut dari harga yang dtetapkan perusahaan. Keuntungan lain adalah anda bisa mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut dari setiap penjualan sesuai kesepakatan. Sebagai Contoh sistem dropshipping Online, bisnis online travel atau anda bisa mencoba bergabung di Blakblakan.com (menjual produk-produk kesehatan).


Nah, itulah beberapa Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia. Selamat Mencoba.

JANGAN LUPA UNTUK VOTE GOOGLE + UNTUK HALAMAN INI. TERIMA KASIH BANTUANNYA
Judul: Bagaimana Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia; Ditulis oleh januarsen silalahi; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis Oleh : januarsen silalahi

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah sudi membaca artikel Bagaimana Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia. Tidak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar Di Bawah. Jika Artikel Bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskan atau mengutip artikel Bagaimana Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia dengan cara penyampaian yang berbeda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Terima Kasih, Happy Blogging :)

9 comments:

Post a Comment