Tuesday, December 11, 2012

Tips Menulis Artikel Standar SEO

Tips Menulis Artikel Standar SEO


Bagaimana Cara Menulis Artikel Standar SEO? Jika kita blogger yang mementingkan trafik pengunjung, perlu adanya beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam Menulis artikel Standar SEO. Dalam menulis artikel perlu memahami bagaimana konsep Search Engine Optimization (SEO) berjalan dan bagaimana pentingnya bagi konten blog kita untuk muncul pada hasil pencarian teratas search engine.Seperti yang diajarkan master SEO, dalam konsep SEO sebelum menulis artikel hendaknya melakukan riset kata kunci (keyword) terlebih dahulu. Kata kunci harus dipilih secara cermat dengan menggunakan kata yang sama dengan yang akan digunakan oleh para pengguna search engine dalam mencari topik artikel pada blog kita. Jika belum mengetahui tentang cara riset kata kunci bisa baca dari artikel berikut:
Cara Melakukan Riset Kata Kunci

Setelah menentukan kata kunci yang tepat maka kita siap untuk memulai menulis Artikel. Perhatikan faktor-faktor penting di saat Menulis artikel Standar SEO berikut ini:

1. Memilih Judul Artikel

Langkah pertama dalam menulis artikel adalah menentukan judul artikel. Judul Artikel hendaknya mengandung kata kunci yang terpenting dalam artikel. Untuk Optimisasi Judul Artikel sebaiknya panjang judul artikel sekitar 5-7 kata karena jika terlalu panjang maka kerapatan kata kunci didalamnya semakin  berkurang.

2. Menggunakan Taut Permanen atau permalink

Jika kita memilih judul Artikel cukup panjang, bisa jadi URL artikel kita tidak dimuat semua atau terpotong. Untuk menghindari ini agar URL Artikel lebih SEO Friendly, pergunakan fitur Permalink atau taut permanen. Jika anda tidak mengetahui taut permanen atau permalink bisa baca dari artikel berikut:

3. Menggunakan Label di Setiap Artikel

Label sangat penting untuk pencarian kategori artikel anda yang dicari oleh pengunjung. Pilihlah label yang  tepat untuk mendiskripsikan artikel yang di buat. Jika memakai lebih dari satu label pisahkan dengan koma. Jika blog anda bertema campuran dan tidak fokus pada satu topik, maka sebaiknya pasang gadget label pada sidebar untuk membantu aliran pagerank ke halaman-halaman artikel blog anda.

4. Memasang Meta Diskripsi

Meta Deskripsi sangat penting dalam menulis artikel karena meta deskripsi ini yang akan ditampilkan pada snippet hasil pencarian Google. Pastikan meta deskripsi yang digunakan menggunakan kata kunci yang ada di artikel anda. Panjang meta deskripsi sebaikny150 karakter sudah memadai .Untuk mengaktifkan fitur meta Deskripsi baca panduan di Artikel : Cara Memasang Meta Description

5. Pemasangan Gambar Di setiap Artikel

Dalam menulis artikel pastikan anda memasang gambar SEO Friendly di artikel anda karena pengunjung terkadang melakukan penelusuran melalui google image. Gambar SEO friendly hendaknya mengandung Alt Tag. Alt tag ini bertugas memberitahu Google tentang isi gambar, karena Googlebot belum bisa mengenali gambar. Jika anda belum tahu caranya baca panduan : 

6. Optimisasi Isi Artikel

Sewaktu anda menulis isi Artikel, ada beberapa aturan yang harus kita perhatikan 
  • Panjang Artikel Minimal 500 kata.
  • Kata Kunci yang muncul pertama kali harus di Bold atau Italic
  • Setiap Kata kunci setidaknya diulangi 3 kali di dalam artikel
  • Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang dan mudah dibaca Googlebot. Bahasa planet seperti alay dan disingkat-singkat bisa menyebabkan googlebot sakit kepala dan pusing mendeteksi bahasa yang digunakan. Sebagai contoh jika anda menggunakan fasilitas "Google Terjemahan" Bahasa alay tidak bisa dibaca Google.
  • Buat satu frasa dengan kata kunci di dalam artikel dan beri tag Heading H2 atau H3

7. Membuat Internal Link Dalam Artikel

Memasang link dalam Artikel setidaknya ada dua link menuju artikel lain di blog anda jika memang berkaitan. Interlink seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan robot mesin pencari mengindeks blog anda. Pastikan Linknya terbuka di Tab baru serta Jangan terlalu banyak link keluar ke website atau blog orang lain. Untuk link yang keluar pastikan menggunakan rel="nofollow", sedangkan yang menuju artikel sendiri tidak perlu nofollow. Pada halaman artikel buatlah satu link yang menuju menuju halaman artikel itu sendiri.

8. Kualitas Artikel

Sebagai penulis artikel blog, kita sebenarnya tidak perlu repot-repot mempelajari aspek teknis SEO yang rumit agar artikel kita secara efektif mendapat prioritas dalam pencarian oleh search engine, tetapi cukup dengan memahami apa yang akan kita tulis kemudian menuangkan ide-ide kita menjadi sebuah tulisan yang menarik sehingga artikel kita mampu Menyelesaikan Masalah Atau Menghidangkan Informasi yang dicari Pembaca.

Demikianlah Beberapa Faktor yang sangat penting dalam menulis Artikel Standar SEO. Jika Anda telah melakukan hal-hal diatas dengan baik dan benar maka besar kemungkinan artikel kita dapat terindeks lebih baik bahkan bisa berada di urutan teratas di hasil pencarian Search Engine.

Terimakasih telah sudi mampir membaca artikel "Tips Menulis Artikel Standar SEO" Semoga Informasinya bermanfaat.

JANGAN LUPA UNTUK VOTE GOOGLE + UNTUK HALAMAN INI. TERIMA KASIH BANTUANNYA
Judul: Tips Menulis Artikel Standar SEO; Ditulis oleh januarsen silalahi; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis Oleh : januarsen silalahi

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah sudi membaca artikel Tips Menulis Artikel Standar SEO. Tidak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar Di Bawah. Jika Artikel Bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskan atau mengutip artikel Tips Menulis Artikel Standar SEO dengan cara penyampaian yang berbeda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Terima Kasih, Happy Blogging :)

No comments:

Post a Comment