Thursday, December 13, 2012

Bagaimana Google Menjelajahi Blog Anda

Bagaimana Google Menjelajahi Blog Anda


Bagaimana Google Menjelajahi (Crawl) Blog Anda? Sebenarnya Pembahasan ini adalah lanjutan dari artikel "Cara Agar Blog Terindeks Lebih Cepat". Untuk Mengindeks blog atau website kita, Google menjelajahi (Crawl) Blog atau Website kita secara otomatis menggunakan Software yang biasa disebut "Spiders" yang akan menjelajahi (crawl) web secara teratur untuk menemukan situs-situs ataupun konten baru yang ada di dunia internet. Salah satu cara agar blog atau website kita lebih cepat dijelajahi (crawl) Google dengan mendaftar blog/web ke Google dan Submit Sitemap menggunakan Google Webmaster Tools. Dengan begitu maka Google akan menjelajahi (crawl) blog/web Anda secara teratur. Tapi yang menjadi kendala adalah berapa lama waktu yang diperlukan Google untuk menjelajahi artikel baru kita sehingga muncul pada hasil pencarian. Tentu kita sebagai blogger ataupun webmaster menginginkan Artikel baru yang kita buat dapat terindeks lebih cepat dalam hitungan menit.


Selidik demi selidik ternyata Google menyediakan fasilitas bagi kita untuk memberitahu atau menyuruh Google menjelajahi artikel baru yang kita buat maupun artikel lama yang belum terindeks sehingga terindeks lebih cepat. Informasi ini saya dapatkan dari Webmaster Tools Help "Ask Google to crawl a page or site"

Nah, Jika Anda ingin artikelnya terindeks lebih cepat selain Melakukan Ping blog, suruhlah Google agar menjelajahi (crawl) artikel anda. Berikut langkah-langkahnya untuk memberitahu Google menjelajahi (crawl) Blog Anda.

1. Kunjungi Google Webmaster Tools, klik blog/web yang anda inginkan jika anda mempunyai blog/web   lebih dari satu.
2. Pada Dashboard, dibawah Health, Klik Fetch As Google

Fetch as google

3. Pada text box pilih url yang akan di submit
4. Pada dropdown list pilih Web
5. Klik Fetch dan Google akan fetch url yang di submit. Tunggu beberapa saat sekitar 10 sampai 15 menit agar status updated.
6. Jika fetch status sudah sukses kemudian klik Submit to Index, dan klik hal berikut
  • Untuk submit individual URL ke Google index, pilih URL dan klik Submit. Anda bisa submit 500 URLs per-minggu dengan cara ini
  • Untuk submit URL dan halaman yang terkait, klik URL and all linked pages. Anda bisa submit 10 request per-bulan dengan cara ini
Note: Google tidak memberikan garansi bahwa setiap URL yang anda submit akan di indeks :D

Demikianlah ulasan singkat Bagaimana Google Menjelajahi (Crawl) Blog Anda. Terimakasih telah sudi mampir membaca artikel ini, semoga informasinya bermanfaat.

 

JANGAN LUPA UNTUK VOTE GOOGLE + UNTUK HALAMAN INI. TERIMA KASIH BANTUANNYA
Judul: Bagaimana Google Menjelajahi Blog Anda; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis Oleh : Unknown

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah sudi membaca artikel Bagaimana Google Menjelajahi Blog Anda. Tidak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar Di Bawah. Jika Artikel Bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskan atau mengutip artikel Bagaimana Google Menjelajahi Blog Anda dengan cara penyampaian yang berbeda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Terima Kasih, Happy Blogging :)

No comments:

Post a Comment