Tuesday, April 30, 2013

Bagaimana Mengatasi dan menghapus Duplikat Meta Descriptions

Duplikat Meta Descriptions terjadi karena  Spider Search Engine Google pada saat menjelajahi Blog menemukan deskripsi pada halaman yang sama. Duplikat Meta Deskripsi berdambak buruk bagi perkembangan blog. Ada sanksi atau penalti bagi blog duplikat konten. Sanksinya adalah laju indeks blog akan berkurang dan ranking blog bisa menurun perlahan. Jadi sebaiknya kita harus memperbaiki dan mengatasi duplikat konten ini.

Bagaimana cara mengetahui adanya duplikat meta description pada sebuah blog? Jika blog anda sudah terdaftar di Google Webmaster Tools, pada Dashboard pilih menu "Optimization" kemudian klik Menu "HTML Improvements". Anda akan melihat berapa banyak duplikat meta description di blog anda. Perhatikan gambar di bawah:


CARA MENGATASI DUPLIKAT META DESCRIPTION

1. Menggunakan REL=CANONICAL untuk mengatasi variasi URL Duplikat Konten
Duplikat Meta Descriptions bisa terjadi karena pengguna mobile yang mengakses blog kita. Coba cek URL yang terindeks duplikat konten di Google Webmaster Tools. Jika URL mendapat akhiran ?m=0 dan ?m=1, maka itu disebabkan karena blog anda diakses oleh seorang pengguna gadget mobile.

Untuk mengatasinya pastikan blog anda sudah terpasang REL=CANONICAL. Cara memeriksanya :
  • Buka salah satu halaman artikel blog
  • tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber
  • Cari kode REL=CANONICAL dengan menggunakan CTRL+F
  • Jika kode REL-CANONICAL ada, maka langkah ini diabaikan saja
  • Jika tidak ada, maka lakukan prosedur berikut
           - Login ke Blogger
           - Pilih Menu Template >>> Edit HTML
           - Cari kode </title>, tepat dibawahnya letakkan kode di bawah :
               <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
           - Simpan Template

Dengan memasang REL=CANONICAL maka Google akan diberitahu bahwa anda hanya menginginkan versi halaman HTML biasa saja yang masuk dalam indeksnya sedangkan versi mobile diabaikan.

2. Memasang Meta Robot Noindex pada halaman arsip
Duplikat meta description bisa juga terjadi karena Google mengindeks duplikat halaman arsip. Cara mengatasinya cukup mudah :
  • Login ke Blogger
  • Pilih menu Template >>> Edit HTML
  • Cari kode </title> dan letakkan tepat dibawahnya kode di bawah
            <b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
            <meta content='noindex' name='robots'/>
            </b:if>
  • Simpan Template
Jika sudah memasang kode ini maka mencegah Google mengindeks halaman arsip sehingga tidak terjadi duplikat konten di blog anda.

CARA MENGHAPUS DUPLIKAT META DESCRIPTION

Jika Google sudah mengindeks adanya duplikat konten di blog anda maka ajukan ke Google untuk menghapus URL tersebut. Syaratnya sebelum mengajukan penghapusan harus terlebih dahulu memasang meta robot di atas.

Berikut cara mengajukan penghapusan URL yang terindeks duplikat konten :
  • Masuk ke Google Webmaster Tools 
  •  Pilih blog yang akan dihapus URL duplikatnya
  • Pada Dashboard pilih menu "Optimization" kemudian klik menu "HTML Improvements"
  • Anda akan melihat tampilan duplikat meta description. Silahkan di klik untuk memunculkan deskripsi meta yang terindeks duplikat
  • Ambil URL dari masing - masing link dengan cara klik kanan (Open Link In new tab) pada setiap link dan simpan di sebuah Notepad.


  • Selanjutnya Klik Menu "Remove URLs" untuk meminta penghapusan URL yang terindeks duplikat
  • Masukkan URL yang anda simpan d notepad tadi kemudian klik "Continue"

  • klik "Submit Request" untuk melanjutkan penghapusan atau "Cancel" untuk menunda penghapusan
  •  URL yang terindeks duplikat konten akan di proses. Biasanya membutuhkan waktu beberapa hari agar URL benar - benar di hapus bersih. Tekan "Cancel" jika anda berubah pikiran untuk membatalkan penghapusan URL

Nah, itulah cara mengatasi duplikat meta descriptions dan cara menghapus URL terindeks Duplikat Konten. Semoga Informasinya bermanfaat dan membantu. 



JANGAN LUPA UNTUK VOTE GOOGLE + UNTUK HALAMAN INI. TERIMA KASIH BANTUANNYA
Judul: Bagaimana Mengatasi dan menghapus Duplikat Meta Descriptions; Ditulis oleh januarsen silalahi; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis Oleh : januarsen silalahi

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah sudi membaca artikel Bagaimana Mengatasi dan menghapus Duplikat Meta Descriptions. Tidak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar Di Bawah. Jika Artikel Bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskan atau mengutip artikel Bagaimana Mengatasi dan menghapus Duplikat Meta Descriptions dengan cara penyampaian yang berbeda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Terima Kasih, Happy Blogging :)

1 comment:

Post a Comment